New Normal: Tantangan untuk Tetap Konsisten



Halo!

Terima kasih untuk kalian yang masih rajin membaca blog ini, blog yang isinya random dan seringnya berisi curhatan saya XD

Masih banyak juga hutang saya untuk review buku, konten BTS, dan saya janji akan saya selesaikan satu per satu secepatnya.

Oleh karena itu, saya membuat post ini karena mau curhat juga seperti biasa, hehe.

Sampai dengan saat saya menulis dan mempublikasikan tulisan ini, pandemi COVID 19 masih berlangsung di dunia dan meresahkan setiap orang. Ada yang sudah pasrah, ada yang tetap gigih dalam mengedukasi orang lain, ada yang memang dari awal masih saja tidak percaya.

Saya, termasuk ke bagian orang yang angin-anginan. Don't get me wrong. Saya percaya banget bahwa virus ini berbahaya dan perlu dihindari sebaik mungkin. Kita tidak boleh menyepelekan sama sekali. Kita perlu menghargai para tenaga kesehatan atau nakes, yang sudah berusaha sebaik mungkin menjadi garda terdepan dalam pandemi ini. Kita juga perlu menghargai orang-orang yang telah menjadi korban, termasuk dengan tidak menganggap virus ini sebagai sebuah konspirasi.

Saya adalah tipe orang yang percaya bahwa setiap orang berhak memiliki pendapat dan keyakinan sendiri, tapi biarlah itu tidak bertentangan apalagi merugikan orang lain.

Just because you don't believe in something, it doesn't give you right to disrespect others.

Saya tidak bisa memaksa orang untuk mematuhi peraturan, mengerti physical distancing, dan sebagainya. Tapi, saya bisa membuat diri saya sendiri nyaman dengan keadaan yang ada, sambil tetap menjaga kesehatan saya sebaik mungkin.

Bicara soal New Normal, seperti kebanyakan orang lainnya, saya juga berusaha untuk mengurangi kontak fisik dengan orang lain. Termasuk, berusaha menghindari kerumunan, tempat publik, dan juga sebisa mungkin bisa bekerja dari rumah.

Hanya saja karena satu dan lain hal, saya jadi sudah sering ke kantor dan tentu saja itu lebih memakan waktu. Persiapan ke kantor, perjalanan ke kantor, dan juga suasana kerja di kantor pun tentu saja berbeda karena protokol kesehatan. Goodness, how I wish things would be normal at the soonest, huhuhu.

Demi menjaga stabilitas emosi sekaligus kebahagiaan saya, maka saya pun berusaha untuk bisa kembali konsisten melakukan hal yang saya senangi, yaitu bercerita.

Maka, saya mulai kembali berusaha aktif di blog dan juga YouTube. Hanya saja, tugas kerja yang semakin kompleks membuat saya sedikit kesulitan untuk mengatur waktu. 

Belum lagi pikiran-pikiran negatif yang seolah menghantui saya, bahwa saya tidak cukup baik dalam apa yang saya lakukan. Self-sabotage adalah kelemahan saya dan masih terus saya berusaha perangi.

Saya berusaha berdamai dengan diri saya sendiri, bahwa saya bisa tetap produktif sekaligus tetap bersenang-senang. Saya mengambil kelas ataupun webinar yang menurut saya bisa mendukung saya menjadi lebih baik. Saya juga terus belajar untuk displin dalam hal yang saya rencanakan. I cannot believe that I once proudly claimed myself as professional procrastinator. That's not a good thing! But well, let's learn from our mistakes and make sure it only make us a better person in the future XD

Masih banyak ketakutan, kegalauan, ketidakpuasan, serta kebimbangan dalam diri saya yang harus terus saya perangi.

Hidup memang selalu tentang belajar, kan? Itu selalu saya bisikkan ke dalam diri saya, apalagi saat saya sudah mulai ragu untuk mulai berbagi tulisan dan juga berbagi cerita di YouTube.

Sejauh ini, saya berhasil konsisten share video setiap minggu, dan semoga ke depannya tetap konsisten terus, amin!

Kalian bisa tonton video review buku saya di sini:


Semua orang pasti ingin menjadi yang terbaik. Hanya saja, yang terbaik, pasti berawal dari yang terus belajar. Maka dari itu, sekarang, saya mau fokus untuk terus belajar, supaya tidak lagi hanya fokus pada hasil, tapi pada proses dan juga belajar mengapresiasi diri sendiri :D

Terima kasih karena kalian sudah membaca curhatan ini sampai selesai. Semoga kita semua selalu berbahagia :)

Cheers,
Zis

Post a Comment

3 Comments

  1. Ah, setuju! Kita memang tidak bisa memaksa orang lain untuk bertindak sama seperti kita, tapi kita bisa menjaga diri jadi lebih baik fokus sama diri sendiri jika sedang berada di luar rumah ya 😁

    Ayo semangat menulisnya ci! Ku tunggu review buku dan konten BTSnya! Hihihi. Salam kenal ci 🤗

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal! Iya, kita harus berusaha supaya terus positif.

      Wah, sesama ARMY juga, ya? Tos! Iya, siap, mari terus ngebahas BTS, ahahha XD

      Delete
    2. Toss!! Ditunggu post-post lainnya, ci 🤭

      Delete