Hey-ho!

Sudah lima hari berturut-turut saya membahas mengenai Bangtan Universe, semoga kalian belum bosan, ya!

Apalagi yang akan saya bahas kali ini cukup panjang karena membahas 7 short clip dari rangkaian  album mereka, Wings.

7 short clip ini adalah rangkaian cerita dari album mereka, Wings, di mana masing-masing klip berjudul sesuai dengan lagu yang mereka nyanyikan secara solo di album ini. Tiap klip akan dibuka dengan narasi dalam bahasa Inggris oleh the one and only RM

#1 : Begin - Jungkook


The realms of day and night, two different worlds coming from two opposite poles, mingled during this time

Jujur, saat saya menonton klip ini tadi malam, saya merinding sendiri karena menurut saya rada serem, haha. Itu juga mengapa tadinya saya mau membuat draft postingan ini tadi malam lalu malah saya tunda sendiri karena merinding harus nonton video ini berulang-ulang.

Klip ini dibuka dengan whistle, nadanya kurang lebih mirip dengan nada lagu Begin. Jungkook yang sedang tertidur, terbangun karena mimpi buruk yang berhubungan dengan piano terbakar, kaca yang pecah, dan undangan untuk bergabung Highnest Castle elang/rajawali/apapun itu, burung besar.

Because the dawn right before the sunrise is the darkest

Jungkook lalu duduk di ranjang, lalu bergumam (?) 15 year old me who had nothing

Tiba-tiba banyak lukisan yang muncul, dan sebuah kanvas lengkap dengan penyangganya muncul, sudah ada lukisan wajah di kanvas tersebut adalah wajah Jungkook tapi sepertinya itu adalah wajah V karena kemudian Jungkook menangis sambil menyebut "Hyung"

Terdengar suara burung lagi, dan Jungkook memegang sebuah kertas bergambar burung yang kemudian dimasukkan ke dalam amplop. Kemudian kita pun akan melihat Jungkook dan siluetnya memiliki sayap.

Hal lain yang saya perhatikan adalah bahwa tadinya setelah klip berakhir, satu bulan dari 4 bulatan hitam pada cover art album mereka pun berubah. Di kip juga terlihat transformasinya, untuk Jungkook simbolnya menjadi seperti ini:
Sehingga bulatan-bulatan hitam Wings pun berubah menjadi seperti ini:
Semoga kalian mengerti maksud saya, karena saya bingung juga jelasinnya gimana XD


#2 : Lie - Jimin



My parents house has made up one realm. This realm was familiar to me in almost every way. Mother and father, love and strictness, model behavior, and school.

Klip ini diawali dengan pemandangan hutan pinus (?) mohon maaf, gak gitu paham pepohonan XD

Dan ternyata pemandangan tersebut adalah dari lukisan. Jimin terlihat sedang duduk, seperti sedang diinterogasi karena gerakannya direkam oleh camcorder. Ada juga sebuah tangan robot yang kemudian menunjukkan kartu bergambar bulatan inisial Jungkook seperti yang saya sudah sebutkan di atas. Jimin hanya tersenyum sambil mengangkat bahu, walau kemudian ada adegan yang menyiratkan Jimin sebenarnya sedang berbohong.

Kemudian ada bulatan lain yang dikasih lihat dan reaksi Jimin tetap sama, dia hanya tersenyum walau tidak menjawab dan dia kemudian berpindah ke semacam tempat perawatan, ada dua kasur di ruangan tersebut. Dia kembali diperlihatkan kartu bergambar bulatan dan kemudian Jimin terlihat berusaha meraih ranjang kosong di sampingnya dan ada adegan obat-obatan dituang, sehingga saya menyimpulkan sendiri, mungkin itu mengingatkannya pada JHope?

Belum sempat saya berpikir lebih jauh, muncul semacam papan penunjuk jalan bertuliskan "Flower Arbetrum 2.1 KM" Hmm, apakah Jimin sedang berusaha mencari pencerahan dengan pergi ke sebuah tempat untuk meditasi?

Piano terbakar yang muncul di mimpi Jungkook juga ada di klip ini, dan kemudian ada adegan apel dijatuhkan ke dalam air.

"Please guide me, please stop me, please let me breathe"

"I''m trapped inside myself and I'm dead"

Cuplikan-cuplikan selanjutnya membuat saya semakin penasaran, apa yang sebenarnya terjadi? Kenapa Jimin terlihat semakin tertekan? 

Dan yang bikin saya melongo adalah adegan akhir, transformasi bulatan-bulatan.


Iya, kartu yang sebelumnya ditunjukkan ke Jimin dan yang "disangkal" juga oleh Jimin, sebenarnya adalah kartu dia. Apa sih yang sebenarnya terjadi di sini? *mulai misuh-misuh lagi
#3: Stigma - V

It was the first fissure in the columns that had upheld my childhood, which every individual must destroy before he can become himself. Such fissures and rents, grow together again, heal and forgotten but in the most secret recesses, they continue to live and bleed
V sedang corat-coret railing door, tepatnya sih sedang nyongkel-nyongkel gambar dengan tulisan Abraxas. Kemudian, dia ditangkap polisi dan diinterogasi, awalnya dia kelihatan cuek gitu, sampai akhirnya sampai ke pertanyaan, "Parents?" dan jawabannya adalah "I don't have them" walau tak urung pertanyaan tersebut membangkitkan memori V ke masa lalu.

Di sini phone booth muncul! Tapi phone booth itu terlihat terkunci, apakah itu simbol dari tidak ada yang bisa menolong V?

Saat flashback, V terlihat merangkul seorang wanita, yang saya yakini adalah mamanya. Tapi kemudian di adegan berikutnya, saat muncul anjing cute dan V malah terkurung di semacam jeruji, V malah minta maaf ke kakaknya (I am sorry, my sister)

Saya lalu jadi bingung, jadi itu kakaknya atau mamanya? *think. Oh iya ada juga adegan V potong poni saat flashback

they are only differnt whale speaking speaking entirely different words.

Saya gak tahu maknanya apa, tapi mungkin lebih ke perbedaan cara bicara/komunikasi antara V dengan dunia lain? *heh

Selanjutnya, V minta untuk membuat satu panggilan telpon ke Pak Polisi. Siapakah yang akan dia telpon?

#4 First Love - Suga


There are numerous ways in which God can make us lonely and lead us back to ourselves. This was the way he dealt with me at that time.

Ini juga salah satu klip yang creepy dalam rangkaian short movie ini menurut saya. Tone-nya memang dark, seperti Jungkook dan V, tapi ini lebih, apa ya.. suram.

Suga berjalan menghampiri semacam toko musik kemudian dia memecahkan kacanya, sampai alarm berbunyi tapi dia gak peduli. Dia masuk, mulai bermain piano, lalu saya yang terkejut. Piano di klip Jungkook dan Jimin! :O

Kemudian, terdengar suara siulan, seperti di klip Jungkook, yang makanya saya bilang creepy abis. Suga pun mulai berlari ke tengah jalan raya gitu, jalan yagn tadinya sepi dan dia berlari sendirian, sampai kemudian ada mobil.

Suga berhasil mengelak dan tidak tertabrak. Apakah ini pertanda bahwa Jungkook juga tidak tertabrak di klip I Need U? *masih aja dibahas

would i have changed? if i had chosen a different path? if i had stopped and looked back?

Oh ya, walau Suga tidak tertabrak, terdengar suara benturan dan saat Suga berjalan mendekati sumber suara, ternyata mobilnya nabrak toko musik dan piano jadi terbakar (!)

Siulan terdengar lagi dan Suga cuma bisa pasrah, bingung kali ya mau kemana?

Nah, di klip ini, untuk pertama kalinya dua kepingan menjadi satu. Saya kira yang akan menyatu adalah kepingan Jungkook dan Suga karena mereka sepertinya terkait tapi ternyata kepingan Suga dan Jimin. Bersama mereka membentuk pola baru, hmm...





#5 : Reflection - RM

The other realm, however, overlaping half our houses was completely different; a loud mixture of horrendous, intriguing frightful, mysterious things, including slaughterhouses and prisons, drunkards and screeching fish wives, calving cows, horses sinking to their death, tales of robberies, murders and suicides.
Adegan dimulai dengan RM di dalam trailer, mungkin agak mirip dengan gerbong kereta, tapi kurang lebih seperti itu, terlihat putus asa dan dia memegang surat yang sepertinya dari Jungkook karena bergambar burung.

Ada cuplikan hutan seperti di klip Jimin tapi kali ini dengan nuansa merah/pink. Kemudian RM membuat tato, sepertinya setelah itu dia membakar surat Jungkook untuk kemudian diminum abunya bersama dengan minuman keras. Gak yakin juga saya minuman kerasnya apa, mungkin beer/saudaranya.

RM collapse setelah minum, sebuah pesan bahwa mabuk itu tidak baik saudara-saudara dan tidak baik minum air abu.

Terdengar nada panggil dan saya langsung kayak, "TUH KAN V TELPON RM!"

I see someone through the mirror right now

Kemudian RM melihat tulisan "I have to survive" di kaca yang kemudian membuat dia bangkit dan pindah ke tempat yang banyak kaca-kaca gitu.

Kali ini terdengar suara dering telpon dan RM berusaha mengangkat telpon dari phone booth yang terkunci tapi tidak bisa. Saya agak lupa langsung ada atau di adegan berikutnya, yang jelas ada tulisan LIAR di phone booth.

Liar itu artinya pembohong dalam bahasa Inggris ya teman-teman, bukan artinya phone booth ada di kawasan liar alias tidak bertuan.

I wish I could love my self



Kalian inget gak itu nyatunya dengan kepingan siapa? Soalnya saya gak *ditabok

Becanda deh, menyatu dengan kepingan Jungkook dan efeknya gak gitu ketara, sih. Tapi tetep saja ada perubahan biar tipis-tipis dan kudu kita hargai.


#6 : MAMA -  J Hope


With a face that resembled her son's, timeless, ageless, and full of inner strength, the beautiful woman smiled with dignity, her gaze was fulfillment, her greeting a homecoming, silently, I stretched my hands out to her

J Hope ada dalam ruangan, seperti ruang isolasi khusus, dan ada yang sedang mengawasinya.

Saya sampai menyempatkan pause dan zoom untuk melihat catatan dari sang pengawas; ada asumsi illogical dan retarded dan diagnosanya gak jelas tulisannya sampai saya kudu googling dulu dan akhirnya nemu yang mirip dengan tulisan tersebut dan juga pastinya dengan symtomps yang ditunjukkan oleh J-Hope. Buat kalian yang penasaran nama penyakitnya: Munchausen Syndrome

Jam dinding menunjukkan 1300, lalu dari semacam pintu dorong kecil gitu di kiri dan kanan, dituangkan banyakk banget kapsul untuk JHope dan setelah dia konsumsi salah satu, lalu dia malah halusinasi kayak jadi hidupnya warna warni gitu

Lalu ada cahaya, dia keluar dari kotak putih dan melihat lukisan yang sama kayak Jimin.

the sky is blue, and the sun is shining

JHope malah makan snickers, saudara-saudara. Saya jadi laper.

Kemudian ada lukisan ibu dan anak, persis seperti yang ada di mata V, lalu lukisan tersebut bertanda eva

Rupanya JHope juga bagian dari kartu-kartu yang ditanyakan ke Jimin oleh hand-robot.


Yak, kepingan V bergabung dengan kepingan JHope dan membentuk semacam kabut/marble yang ada di bagian kiri bawah Wings

# 7 : Jin - Awake
The bird fights its way out of the egg. The egg is the world. Who would be born must first destroy a world. The bird flies to God. That God's name is Abraxas.

Akhirnya sudah sampai di klip terakhir! *stretching dulu

Saya jadi penasaran dengan Abraxas dan saya jadi ingat bahwa saya pernah membahas ini dengan salah satu teman saya dari Philiphines, yang adalah ARMY juga, kami bertemu di acara seminar gereja dan dia menyampaikan kekhawatirannya tentang penggunaan Abraxas dalam klip ini.

Saya jadi scroll jawaban saya saat itu dan saya memang bilang kalau saya harap ini hanyalah bagian dari konsep cerita mereka, dan tidak ada hubungannya dengan menggiring fans untuk percaya kepada sekte tertentu.

Lalu saya bilang juga, kalau ternyata begitu, kita masih bisa cari idol lain, kok *ngakak

Anyway, di klip ini, Jin sepertinya tinggal di sebuah rumah mewah. Dia duduk di meja makan, memegang headset, lalu troli makanan datang tapi dia hanya menikmati apel yang kemudian dia malah buang!

Wait,  Jimin kan juga makan apel, ya? Hmm..

Jin lalu memutuskan mau foto bunga pake polaroid, tapi lalu lilinnya malah mati dan suasana menjadi suram

I didn't have a dream

Jin masuk ke kamar, ada ranjang yang mirip dengan ranjang Jungkook dan sekilas kita bisa melihat ada semacam bekas cakaran di pintu kamar, apakah itu pertanda depresi?

Jin lalu nyalain korek untuk ditiup, kelakuannya mirip Jungkook. Lalu ada ritual pembakaran kelopak bunga, dan saya juga terkejut melihat piano yang bikin penasaran juga ada di sini.

we cried a lot and laughed a lot but it was so beautiful

Di klip Jin, ada juga adegan burung berseliweran. Dan lukisan burung Jungkook ada tergantung di dinding rumah Jin!

Lalu Jin berjalan meninggalkan rumah yang fana kamar, entah kemana, pokoknya menghilang dari pandangan kamera dan kita akan teralihkan ke lantai kamar Jin.

Ada 6 foto polaroid yang perlahan berubah menjadi gambar

Satu berubah jadi lukisan ibu&anak, satu lagi menjadi foto apel, satu lagi piano, satu lagi burung, dan yang terakhir adalah pintu kamar Jin dengan bekas cakarannya.

YEAY!

Selesai sudah pembahasan ketujuh klip tersebut, capek juga padahal cuma nyalin ulang dan banyakan ngampasnya.

Seperti biasa, saya akan kasih bonus dan kali ini saya kasih photo concept BTS untuk Wings.








Sekali lagi terima kasih buat kalian yang sudah baca celotehan saya kali ini. Masih akan ada sekitar belasan celoteh lainnya, jadi sabar, ya! Hehehe...

Saya juga masih membuka kesempatan dan menantikan kalian ikutan juga membahas Bangtan Universe bersama-sama.

Boleh lewat kolom komentar, boleh ke IG @zis.story  atau bisa juga kontak saya lewat Telegram di @zissbot

Sampai ketemu besok, ya!

Love,

Zis