Hi!

Kita baru sampai di hari ketiga dan otak saya udah kayak mau meledak :)

Saya jadi inget kenapa saya jadi males fangirling BTS dulu, karena terlalu banyak yang harus saya ikutin dan jiwa kompetitif saya terusik sehingga saya pun akhirnya lelah sendiri. Setelah memutuskan untuk tidak lagi terjebak, sekarang saya malah menjebak diri sendiri akibat penasaran, smh

Buat yang baru bergabung, saya sedang membahas Bangtan Universe atau semacam "dunianya" BTS, grup asal Korea yang lagi terkenal sampai ke US.

BTS ini membuat semacam cerita atau storyline yang bisa diikuti oleh penggemarnya dengan cara nonton klip, baca webtoon mereka, dan untungnya sih, sejauh ini sepertinya belum ada cerita yang diselipkan di salah satu konser mereka.

Tolong jangan malah keidean buat nyelipin di konser juga, ya

Jika benar kejadian, saya balik pensiun *sigh

Sebenarnya, kalau menonton dan mendengarkan lagunya terus-menerus, seneng aja, sih. Cuma karena inget harus catat buat jadi PR, jadinya tertekan. Saya memang anaknya suka mikir kejauhan tapi jadinya malah gak nyambung, hahah

Sekarang sebelum saya semakin melantur, kita bahas saja mengenai MV Run, dimulai dari original MV atau Korean version.


Hello, Hyung Jin! *nemplok *diusir

MV ini dimulai dengan adegan V menghempaskan dirinya ke dalam air, lalu adegan berganti ke RM yang nyemplungin es ke gelasnya. Saya gak gitu perhatiin isi gelasnya apa, mungkin teh, mungkin kopi, tapi yang jelas bukan kenangan masa lalu bersama mantan karena baiknya itu gak usah dinikmati lagi karena gak enak, teman-teman.

RM masih dengan lolipop, yang kemudian dia malah masukin ke dalam gelas, saya kira karena mau dibuang, tapi ternyata dia tetep minum. OK mungkin minumnya kurang manis jadi dikasih lolipop biar manis.

Selanjutnya RM berjalan ke gerbong kereta yang tampaknya sudah tidak terpakai lagi, pas dibuka, ada teman-temannya di dalam gerbong tersebut. Oh iya sebelum masuk gerbong, RM malah nyampah, buang gelasnya ke tanah. Gak bagus, ya, RM. Nanti kamu dimarahin, lho.

Adegan berlanjut ke main-main di dalam gerbong kereta, yang sepertinya adalah tempat tinggal Suga dan Jungkook. Di dalam situ, mereka bermain dan gak pake belajar karena mereka bukan Bobo *wah, saya menggunakan jokes receh nan tua :)

Di dalam situ,ada salah satu adegan JHope didorong pake kursi roda pas sambil ketawa-ketawa, tapi malah bikin saya mikir, apakah ini ada hubungannya dengan kondisi sakitnya JHope?

Oh ya, selama acara tersebut, Jin masih tetep ngevlog. Sepertinya Jin sedang dalam usaha mencari subscriber supaya dapet silver card dari YT *gak gitu, zis

Adegan berganti ke RM dan V yang lagi melakukan vandalism alias nyoret-nyoret pake cat semprot gitu. Bandel emang si RM ini, ckckck. Begitu ada polisi, mereka langsung kabur walau akhirnya tertangkap juga. Tapi dasar bocah, mereka masih ketawa-ketawa aja tuh pas ditangkep.

Saya gak gitu inget adegan selanjutnya apa karena catetan saya saking mager dan mumetnya juga jadinya gak bisa kebaca. Ada sesuatu tentang Suga, Jungkook, V, Jimin, JHope.. lho, semuanya, dong? Ini saya nyatet apa ngabsen member? @-@

Kita berlanjut ke adegan yang saya inget saja, ya, dan saat tulisan saya mulai bisa terbaca lagi.

JHope sedang terbaring di ruangan yang seperti rumah sakit, lalu Jimin menjenguk dan mereka berdua senyum-senyum gitu.

Jadi, saya makin yakin bahwa diceritakan JHope dan Jimin itu sahabatan, seperti V dan RM sahabatan. Lebih karib gitu, daripada sama member-member lainnya.

Adegan berganti ke RM nemu kartu As di gerbong yang kosong, membuat saya tersadar kalau adegan ketawa-ketawa di dalam gerbong itu sepertinya flashback. Jadi pas RM datang, sudah tidak ada orang di dalam situ, temannya sudah tidak ada dan tinggallah RM sendiri bersama kartu As yang gak bisa dimainin juga karena cuma ada satu kartu.

Balik ke flashback lagi, kita akan menemukan Suga sedang tantrum dan Jungkook berusaha menenangkan, tapi mereka jadinya berantem gitu, lalu Suga memecahkan cermin dengan kursi.

Oh iya pas adegan main-main di dalam gerbong kereta (yang isinya diubah jadi kayak rumah gitu), ada adegan Jin bikin piramida dari kartu lalu direcokin sama V dan Jin cuma tersenyum sabar.

Nah pas Suga mecahin cermin, piramida kartu pun roboh lagi dan ada adegan closeup V dalam air gitu. Jadi apakah ada hubungannya? Hmm...

Berikutnya, Jungkook lagi sendirian lalu disamperin sama kakak-kakaknya, dan sekali lagi Jungkook sendirian, eh ternyata duduk di atep mobil lalu mereka pun ngerusuh, pake terompet gitu dan mulai nyoret-nyoret mobil yang lagi ngantri di terowongan. Jin markir mobilnya melintang dan setelah anak-anak lainnya selesai nyorat-nyoret, mereka lari dan Jin muter mobilnya, mereka naik dan kabur deh. Liar sekali anak-anak ini, ckckck.

Lalu mereka jalan kayak di jembatan gitu, sepertinya sedang diikuti oleh mobil, Jungkook nengok dan senyum, lalu perlahan-lahan layar jadi hitam. Saya masih penasaran, jadi Jungkook tuh ketabrak mobil atau gak, sih?!

Oh ya, kalian masih inget dengan deleted scene yang saya bahas di post lalu, tentang On Stage Prologue?

Ending scene di MV ini mengingatkan saya dengan adegan tersebut, karena di sini Jimin membakar polaroid saat sedang di dalam bathtub.

Kalau kalian perhatikan, ada yang janggal dengan polaroid di tangan Jimin. Pertamanya, polaroid tersebut adalah foto mereka bertujuh. Tapi saat akan dibakar Jimin, foto tersebut hanya berisi 6 orang dan yang tidak ada adalah...




Sekarang, kita akan bahas mengenai Japanese MV dari Run.

Kesan awal saya kurang lebih sama dengan saat saya menonton I Need U, lebih aesthetic dan lebih banyak jogetnya jadi lebih enak dilihat.


Nah, salah satu perbedaan mencolok versi Korea dan versi Jepang adalah, di versi Jepang, yang tenggelam di dalam air adalah Jimin. Tapi tentu saja masih di dalam bathtub.

Dan ya ampun, catatan saya untuk Japanese version makin acak-adut, saya gak bisa baca. Jadi, akan saya bahas seingatnya saya, ya.

Di sini, Suga kembali bermain dengan kaca. Dia ada di tengah ruangan dengan serpihan kaca gitu.

Sedangkan V, ada di kamar mandi, dan sedang mencorat-coret dengan cat semprot lagi. Beberapa kali saat transition, akan ada sekelebatan graffiti gitu yang membuat saya merasa bahwa ini ada hubungannya jadi saya mencoba memerhatikan beberapa tulisan V di tembok.

Salah satu yang mencolok buat saya adalah tulisan "He want to die" Betul, kata die dicoret dan kemudian diganti dengan live. Di sini semakin berasa bahwa ada pesan yang hendak disampaikan, tentang berjuang untuk tetap hidup.

Selain V yang nyoret-nyoret, ada juga adegan RM di dalam kotak telpon, berusaha menelpon tapi sepertinya tidak bisa. Kotak telpon tersebut banyak coretannya, sehingga saya menyimpulkan bahwa RM berusaha menghubungi V tapi tidak berhasil sehingga dia stress sendiri.

Oh ya, ada juga coretan V yang kemudian juga tertulis di bathtub Jimin, "Youth is never coming back". Saya masih belum paham juga hubungannya apa, tapi kemungkinan ini adalah ekspresi keputusasaan mereka, bahwa masa muda memang tak pernah kembali, sedangkan mereka maunya tuh, ya gak kayak gini masa mudanya.

Tapi itu teori saya, masih gak paham juga, beneran mumet, teman-temen XD

Ada juga adegan yang saya ga ngerti dan penasaran, yaitu saat Jungkook meremas sesuatu, sepertinya kertas, lalu tercipta semacam putaran angin di kapas yang mengelilingi JHope. Terus, saya gak inget apalagi yang terjadi, dan catatan saya masih aja gak kebaca.

Sepertinya adegan selanjutnya adalah Jin melepaskan kupu-kupu. Ada apa sih sebenernya antara Jin dengan kupu-kupu? 

Anyway, Run ini sebenarnya adalah salah satu lagu favorit saya dari BTS yang selalu saya dengarkan berulang-ulang. Tapi ternyata tetep aja saya mumet untuk mempelajarinya, hahaha.

Buat kalian yang gak ngerti kenapa saya ngomel-ngomel soal catatan, saya akan kasih lihat wujud catatan saya.


Mohon maaf, darahnya bukan bagian dari proses mencatat, kok. Itu kebetulan ada nyamuk nemplok sebelum saya sempat foto, dan dia habis mencuri darah saya. Jadilah dia merasakan akibatnya dan akan menjadi sejarah bersama dengan catatan saya yang wow ini.

Baiklah, itu dia pembahasan, atau mungkin tepatnya reaksi saya setelah mempelajari kedua video Run, demi memahami Bangtan Universe dengan lebih baik lagi.

Saya masih nyari temen untuk ikutan juga, gak harus share di blog, atau dimana-mana, tapi nonton bareng aja gitu biar saya gak misuh-misuh sendirian, hahaha.

Kalau kalian punya pendapat, teori, pertanyaan, bisa banget langsung di kolom komentar, ya!

Terima kasih sudah membaca sampai sejauh ini. Seperti biasa, saya kasih bonus dan kali ini saya kasih bonus senyum manis dari RM.


Enjoy weekend, friends! Sampai ketemu besok!

Love,

Zis