Bangtan Universe #12: Epiphany


Hari keduabelas sekaligus hari terakhir pembahasan MV yang terkait Bangtan Universe. Klip yang akan saya bahas adalah Epiphany dari Jin.


Jadi klip kali ini berdurasi 4 menit tapi tidak begitu banyak hal yang bisa saya bahas, menurut saya.

Di klip kali ini kita akan melihat lagi bunga lily dan juga notes merah yang sempat kita lihat di Highlight Reel.

Di klip ini juga kita akan melihat beberapa Jin dalam waktu bersamaan di dalam ruangan sama namun melakukan hal yang berbeda.

Tadinya saya bingung, lalu sampai akhirnya Jin keluar dari ruangan, ada hujan, dan terdengar guntur. Lalu, air hujannya naik, dong, saudara-saudara, udah kayak di film Now You See Me 2 :|

Tapi, pembalikkan hujan tersebut menguatkan keyakinan saya bahwa Jin memiliki kemampuan memutarbalikkan  kenangan waktu alias semacam time traveller.

Apalagi kemudian adegan berulang, Jin kembali mengenakan baju untuk keluar, tapi kali ini ia menutup tirai dulu dengan baik-baik sebelum keluar, dan kali ini sambil membawa notes merah si cewek.

Intinya, saya merasa bahwa ya, gitu, Jin mendapatkan epifani alias pencerahan dalam kehidupannya setelah beberapa kali memutar waktu, berusaha mengubah yang terjadi, dan terjebak dalam kesedihannya sendiri (ada adegan Jin duduk di bawah jendela, memeluk lutut)

Kemudian dia akhirnya memutuskan untuk pergi sambil membawa notes, dan ada tulisan di ending yang tentu saja memaksa saya mencari translate. Untung gak nemu spoiler, hoho.
At the end of the journey to find myself, the place I reached is, in fact, where I had already been.
In the end, what I have to find is that which is the beginning of all things, the milestone: the map of the soul.
That which is with anyone, but cannot be found by simply anyone, I seek to begin searching for it from now.
Well,  saya pun tambah yakin bahwa memang Jin sedang dalam proses tersebut, ingin menemukan dirinya sendiri, ingin dicintai, lalu tersadar bahwa ia harus mencintai dirinya sendiri terlebih dulu.

Masih ingat adegan polaroid yang tertukar berubah dalam MV Run? Nah, kali ini dalam polaroid mereka saat di tepi pantai, awalnya hanya ada Jin sebelum akhirnya muncul member-member lain.

Berhubung tugas saya setelah ini adalah membaca webtoon Save Me, saya jadi berpikir, apakah berarti Jin adalah penyelamat mereka, dengan cara memutar waktu?


Baiklah, itu dia pembahasan hari ini. Mulai besok, saya akan mulai membahas webtoon Save Me per episode, yang semoga saja tidak bala, ya. HAHAHA.

Silakan tinggalkan komentar, pertanyaan, saran, atau mungkin curhat juga mengenai Bangtan Universe di sini, atau lewat instagram @zis.story

See you tomorrow!

Love,
Zis

Post a Comment

1 Comments

  1. It is owned by Gaming and Leisure Properties and operated 토토사이트 by The Cordish Companies. FanDuel is your first selection to position authorized online sports activities wagers in Pennsylvania. Sign up now and discover out why FanDuel is America’s #1 Sportsbook App.

    ReplyDelete