[Booktour] Irish



Title : Irish

Author : Kamal Agusta

Editor: Diara Oso

Publisher: de Teens (Diva Press Group)

Paperback, 220 pages

First edition, first published on Mei 2017

ISBN: 9786023914050

Language: Indonesian

Genre: Young Adult

Rec. age to read: above 12 y.o

Source: booktour with Diva Press

Started reading on: May 12, 2017

Finished reading on: May 12, 2017

Price: Rp 48.000

Submitted for “BBI Read and Review Challenge 2017, Category: Name in A Book”



Klub musik sekolah terancam dibubarkan kalau Irish tidak bisa menunjukkan kalau klub itu punya prestasi. Irish pusing. Lebih pusing lagi ketika Bu Dewi memintanya untuk mengajak Alvaro bergabung.

Alvaro itu cowok belagu, troublemaker, suka bolos dan tidur di bawah pohon belakang sekolah.

Tapi... kata Bu Dewi, Alvaro bisa menyelamatkan klub musik. Irish mengalah. Lalu, diiringi denting piano, petikan gitar, dan harmoni nada alat musik, sekelompok anak SMA berjuang demi klub yang mereka cintai.


Irish pusing bukan main saat mendengar kabar rencana penghapusan ekskul yang dianggap tidak memiliki prestasi di sekolahnya. Klub musik yang dipimpinnya bisa terancam dibubarkan. Keputusan akan diambil dalam waktu tiga bulan.

Teman-teman Irish sempat membujuk Irish agar minta bantuan Naufal, sang Ketua OSIS yang juga teman baik Irish. Sayangnya tentu saja Naufal harus bersikap netral, hal yang masih bisa dimengerti oleh Irish.

Kemudian salah satu anggota klub musik, Agung, memberi usul untuk ikut kompetisi musik tingkat provinsi. Tentu saja anggota lain meragukan kesiapan dan kemampuan mereka. Tapi Agung meyakinkan bahwa mereka harus ikut itu karena hanya itu kompetisi yang cocok waktunya.

Akhirnya mereka bersepakat untuk ikut kompetisi tersebut. Bu Dewi, pembimbing ekskul mereka, meyakinkan mereka untuk merekrut Alvaro, murid yang baru pindah sekitar satu bulan ke sekolah mereka. Sebelumnya Bu Dewi sudah menyampaikan ke Irish, yang sudah berusaha juga untuk mengajak Alvaro yang langsung ditolak mentah-mentah.

Pertemuan pertama Irish dan Alvaro pun bisa dibilang tidak menyenangkan. Karena kesalahpahaman, Irish jengkel bukan main pada Alvaro.

Tapi pada akhirnya, lewat rangkaian peristiwa mereka saling mengenal satu sama lain. Irish dengan kegigihannya untuk mempertahankan klub musik karena ia sangat menyukai musik serta teman-temannya yang ikut berjuang bersama. Alvaro yang menyimpan luka, yang menghindari musik karena kenangan pahit.

Diceritakan dari sudut pandang orang ketiga, bikin kita bisa mengerti pemikiran dan juga masalah yang dialami masing-masing tokoh.

Kita bisa melihat kegigihan Irish, kemarahan Alvaro, kecemburuan Naufal ehm, kesedihan Harsa (papa Alvaro), dan juga beberapa tokoh lain seperti Bu Dewi, yang ternyata adalah tante Alvaro.

Menjelang penutup, buku ini lumayan bikin berkaca-kaca. Untunglah berakhir bahagia sehingga saya gak bete, hahaha

Buku ini saya selesaikan dalam sekali duduk. Ceritanya enak banget buat diikutin. Khas cerita remaja yang bikin saya ngerasa muda lagi *halah

Walau, sejujurnya, saya kesel banget sama Alvaro yang egois dan keras kepala. Kalau saya jadi Irish sih, saya gak yakin bisa sabar menghadapinya. Untung saja ada Naufal yang siap menjadi sandaran hati *ehem



Dan, selanjutnya, kalau kalian mengikuti saya di Instagram @bookadmirer_ tentu tahu kalau buku ini saya dapat dari booktour.

Saya sudah cantumkan juga sih, di identitas buku. Nah, thanks to Penerbit Diva, satu orang yang beruntung akan mendapatkan "Irish" lho!

Kalian yang kemarin belum beruntung, masih bisa ikutan lagi lho di sini.



Penasaran gimana caranya? Gak ribet, kok!


  1. Peserta wajib memiliki alamat pengiriman di Indonesia

  2. Follow Twitter @bookadmirer_ dan @divapress01

  3. Like Facebook Penerbit DIVA Press

  4. Bagikan postingan giveaway ini di akun sosial media kamu (maksimal 1x tweet/share per hari ya ^^ )

  5. Tinggalkan komentar di bawah ini dengan mencantumkan: Nama, Email, Akun Twitter, Akun Facebook, dan alasan kamu mau membaca buku ini

  6. Periode giveaway: 15-21 Mei 2017 (berakhir pukul 23.59)



Ditunggu partisipasinya, ya! Selamat bersenang-senang ;)
Cheers!

Zelie <3

Post a Comment

21 Comments

  1. Nama: Ratna
    Email: dreravios@gmail.com
    Akun Twitter: @dreravios
    Akun Facebook: Ratna Komalasari

    Alasan:

    Aku pengin buku ini karena tema yang di angkat itu musik, karena sudah lama aku pengin banget main alat musik, dan aku memang suka banget denger musik, bahkan hampir setiap hari aku dengerin musik atau dengerin teman di sekolah main piano atau gitar mereka.

    Lalu, aku juga pengin tahu perjuangan Irish buat mempertahankan klub musik sekolahnya, apa klub musik sekolahnya tetap ada atau di bubarkan sama pihak sekolah? dan juga aku mau liat kontribusi dari Alvaro buat klub musik di sekolahnya, apa dia mau bantuin Irish buat mempertahankan klub musik?

    Aku juga penasaran sama 'kenangan pahit' Alvaro, apa ada hubungan sama dunia musik?

    Btw, aku suka banget sama covernya, lucu, gemes minta di peluk dan semoga berjodoh sama novel ini biar nggak bikin kepo dan aku bisa meluk Alvaro, atau mungkin Naufal? kan kata kakak Alvaro itu egois dan keras kepala, jadi kayaknya aku milih Naufal deh? *ehh hahaha.

    Oh yaa, novel ini juga pas banget buat aku yang masih SMA, tema ringan yang pas banget di baca buat aku setelah UKK selesai, kan enak tuh baca novel Irish saat liburan sekolah, pasti bakal bikin kangen sekolah :D

    Wish Me Luck:)

    ReplyDelete
  2. Nama: Sandra Hamidah
    Email: sandra.artsense@gmail.com
    Twitter: @Sandra_artsense
    Fb: Sandra Hamidah
    Domisili: Bandung
    Link share:
    https://mobile.twitter.com/Sandra_artsense/status/864117133722009601

    Alasan kenapa pengen buku ini adalah karena pasangan saya adalah Musisi dan saya ingin review buku ini di blog pribadi juga dong^^

    ReplyDelete
  3. Nama: Saidatun Ni'mah
    Email: kakida1992@gmail.com
    Twitter: @sava_lova
    Facebook: Sava Lova

    Alasan saya pengen baca buku ini:

    1. Karena sudah penasaran sejak blogtour pertama. Udah ikut GA jg tapi belum beruntung 😢

    2. Penasaran bakat musik apa yang dimiliki Alvaro sampe Irish harus merekrutnya.

    3. Penasaran sama kisah masa lalu Alvaro yang membuat dia benci sama musik.

    4. Pengen tahu gimana nasib Klub Musik yang dipimpin Irish.

    5. Karena dari dulu udah suka banget sama musik. Pengen bisa main alat musik. Dan suka hal2 yg berbau musik.

    6. Dan terakhir.. yg jelas penasaran banget sama keseluruhan kisah Irish.

    ReplyDelete
  4. Nama : Hamdatun Nupus
    Email : hamdatunnupus@gmail.com
    Akun Facebook : Hamdatun Nupus
    Akun Twitter : @HamdatunNupus
    Link Share : https://twitter.com/HamdatunNupus/status/864301897242492928

    Alasan menginginkan novel Irish :

    Karena aku iri dengan kegigihan Irish, karena seharusnya dulu sekali aku bisa bertahan seperti Irish.

    Jadi dulu aku pernah punya band sama empat orang teman sekelasku, band yang semula dibentuk dari keisengan di malam pergantian tahun. Aku vokalis dengan suara pas-pas an di dalam band itu, awalnya tidak menjadi masalah karena kemampuan bemrusik teman-temanku yang lain pun juga pas-pas an, kita ngebentuk band juga cuma untuk have fun ajah. Tapi makin lama, ternyata mereka makin serius dan kemampuan bermusik mereka juga makin bagus, sementara aku ? masih stuck di suaraku yang pas-pas an itu, dan anehnya mereka masih mertahanin formasi semula hingga setahun lamanya. Kita pernah beberapa kali ikutan manggung meski acara kecil-kecilan, mulai dari pentas sekolah, acara tujuhbelasan di daerah-daerah bahkan pernah di mall sekali. Dan kesemuanya berjalan nggak pernah mulus, udah ketebak kan kendalanya dimana ? suaraku yang pas-pas an!!, lambat laun aku merasa, aku yang menghambat mereka.

    Perlahan aku mulai mundur, mencari-cari alasan untuk bolos latihan dan aku menghilang dengan pastinya. Dan yang membuatku sedih di acara kelulusan kami dimana pihak sekolah memang selalu mengadakan pentas seni, aku membiarkan mereka manggung tanpaku disana (yang mengharuskan salah satu gitarisku yang menyanyi). Akulah si penyebab hancurnya band kami, karena setelah lulus sekolah, band kami benar-benar bubar.

    Ya, aku iri dengan Irish, seandainya saja aku bisa bertahan dan lebih berjuang untuk band kami. Mungkin setidaknya meski Band kami pada akhirnya harus bubar pun bukan karena hal bodoh macam menghilang yang sudah kulakukan, aku sungguh sangat menyesal. Novel ini begitu menamparku sangat keras :'(

    ReplyDelete
  5. Tary Wilujeng
    Email : newbleizher@gmail.com
    Twitter : @taryhirata
    FB : Tary Wilujeng

    Alasan :
    Baca blurb dan reviewnya sepertinya seru. Lagi pula saya suka cerita model begini, si cowok terkesan cool & cuek tapi sebenarnya terluka dan butuh perhatian. Aaaahhh persis kan seperti cerita-cerita K-Drama (hahahaha). Walau saya jauh dari muda tapi saya masih suka dengan cerita remaja. Dunia mereka itu lebih simple dan menarik. Kadang bikin geregetan karena masalah sebenarnya cuma sepele tapi ya gitu dibikin ruwet sendiri dengan keluguan2 mereka. Bagian dari blurb yang ini loh yang bikin ceritanya sepertinya menarik :
    "Alvaro itu cowok belagu, troublemaker, suka bolos dan tidur di bawah pohon belakang sekolah." Biasanya sih ditambah dengan latar belakang keluarga yang mampu tapi broken home (eehhh saya sok tahu hahaha tapi biasanya begitu kan? atau saya salah?). Design cover eyecatching dan sepertinya lagi populer design novel remaja seperti itu. Ya, semoga deh novel ini bisa punya saya, bisa untuk refreshing otak karena aktivitas para lanjut usia yang begitu2 melulu.

    ReplyDelete
  6. Nama: Desita Wahyuningtias
    Email: desitaw97@gmail.com
    Akun Twitter: @desitaw97
    Akun Facebook: Desita Itsmystyle
    Alasan kamu mau membaca buku ini:
    Senang setiap kali ada tokoh troublemaker, -tap tokoh Naufal juga sepertinya menggoda, wkwkwk-
    (Maklum, tipe orang yang menyukai novel dari penokohan dan chemistry yang terbangun antar tokoh)
    Sebagai aktifis klub, meski bukan bidang musik. Aku menaruh minat yang besar terhadap klub, komunitas, organisasi dan sejenisnya. Segala kendala di sana terasa dekat. Jadi senang saja membaca sesuatu yang terasa familiar.

    ReplyDelete
  7. Nama: Nabilah Rosyadah
    Email: ariestanabirah@gmail.com
    Akun Twitter: @Ariestanabirah
    Akun Facebook: Ar Nabilah R
    Alasan mau membaca buku ini: Pertama, saya penggemar musik, cerita mengenai musik seperti Nodame Cantabile, Your Lie in April, atau Have A Song in Your Lip menjadi santapan saya. Kedua, saya suka cerita yang tentang 'klub', karena waktu SMA saya juga ikut klub meski bukan klub musik. Ketiga, jarang menemukan novel lokal yang mengusung tema musik dan klub. Jadi, Irish ini sesuatu yang bisa diintip untuk dibaca 😇.

    ReplyDelete
  8. Insan Gumelar Ciptaning GustiMay 18, 2017 at 9:17 AM

    Nama: Insan Gumelar Ciptaning Gusti
    Email: alamadt_saya@yahoo.com
    Akun Twitter: @san_fairydevil
    Akun Facebook: Insan Gumelar Ciptaning Gusti
    Alasan kamu mau membaca buku ini: Karena ceritanya tentang musik. Tapi aku lebih penasaran sama Alvaro. Ketika dia benci musik karena suatu hal tapi dia harua kembali masuk di dalamnya. Ceritanya mirip sama draft novel yang lagi aku revisi 😊😊

    ReplyDelete
  9. Nama: Ana Bahtera
    Email: anabahtera@yahoo.co.id
    Twitter: @anabahtera
    Fb: Anna Bahtera
    Alasan:
    Dari awal melihat desain covernya aku sudah sangat tertarik dengan novel ini, dtambah lagi ternyata novel ini memngangkat tema seputaran musik, salah satu tema yang selalu aku sukai.
    membacanya pasti sedikit nostalgia ke masa SMA, jadi kangen teman-teman SMA & kenangan yang beharga pastinya, dan aku menyukainya.

    ReplyDelete
  10. nama: devira belin
    email: deviraindra@gmail.com
    twitter: @virscnd
    facebook: vir
    alasannya karena dari awal tahu ada giveaway ini covernya sudah menarikku. aku pikir irish itu yg bagian dari mata dan saat aku baca reviewnya itu nama seorang gadis, aku baru nemuin sebuah buku yg judulnya nama tokohnya gini. biasanya kan nama sepasangan/apa gitu. dari review kakak aku tertarik dengan yg katanya gaya bahasa penulis menggunakan sudut pandang yg ketiganya. karena yg aku tahu pada umumnya yg sering aku baca itu pake sudut pandang pertama lalu dilanjutkan ketiga atau kalo engga ya dibalik. aku penasaran seperti apa novel dengan pandangan yg ketiga. isinya juga tentang sekitar anak sekolahan yg termasuk dalam salah satu favoritku karena masih remaja hehe

    ReplyDelete
  11. Nama : Chintya Ririn
    Email : chintyaririn2@gmail.com
    Twitter : @Ririnkgs
    FB : Chintya Ririn
    Alasan ingin membaca novel ini sama seperti teman2 book lovers. Covernya sangat menarik, cantik. Nama tokohnya juga sangat unik2. Oiya tema yang di angkat adalah musik, jadi saya suka. Apalagi konfliknya cukup banyak dan cerita dari novel ini happy ending :D

    ReplyDelete
  12. Nama : Siti Faridah
    Email : sitifaridah43@yahoo.co.id
    Akun Twitter : @sitifaridah96
    Akun Facebook : Siti Faridah
    Alasan : Tertarik dengan covernya yang manis dan romantis seperti manisnya kisah-kisah masa remaja yang indah. Tema yang diangkat tentang dunia remaja yang membuat saya tertarik untuk membaca novel ini dan juga penasaran akan kelanjutan Irish dan kawan-kawan tentang sekolah dan dunia musik. Selain itu juga ingin membaca buku ini dan mereviewnya di blog karena saya memang suka membuat review buku di blog. Banyak para blogger buku yang membaca dan mereview buku ini maka saya juga ingin membaca dan mereviewnya di blog saya. Selain itu saya juga membayangkan main piano kalau teringat buku ini.

    ReplyDelete
  13. Nama : Melati setiyaning Prakerti
    email : melatisetiya48@gmail.com
    twitter : @melatist
    facebook : Enja Maharani
    Alasan ?

    dari SMP aku sudah mulai suka menulis baca2 buku cerita, novel2 atau cerpen ataupun buku2 pelajaran sekolah. Yang intinya berhubungan dengan buku.
    pas liat ada giveaway yang berhadiahkan Novel aku jadi pengin ikut. Ett sebenernya sih ga berharap banget buat menang di giveaway ini. Aku hanya ingin melihat bakat menulisku sudah sejauh mana dan kemampuanku dalam mengolah kata serta berimajinasi.

    kenapa pengin baca buku ini?
    Karena dari covernya aja udah ngebuktiin bahwa novel ini bagus. Dari sinopsis yang aku baca udah greget banget sama tokoh Alvaro yang egois dan keras kepala.
    Dan lebih suka sama Naufal yang baik hati dan dalak bayanganku itu Naufal sosok pria Tampan yang di perebutkan cewek2 disekolahnya tetapi dia mempunyai sifat yang tidak sombong pas banget sama jabatannya sebagai Ketua Osis.
    aku suka sama musik maka dari itu aku pengin baca buku ini.
    Buku ini juga yang menceritakan kehidupan bocah2 SMA jadi ngingetin aku yang baru saja lulu tahun ini gimana konyol nya masa2 SMA.
    Di tambah lagi terlihat jelas gimana irish dan teman2nya harus memperjuangkan klub musik mereka di sekolah, Itu membuktikan bahwa persahabatan mereka kuat.
    dan yang gak kalah penting penasaran banget sama Kisahnya Alvaro yang punya masa lalu pahit dengan musik. Juga mau tau gimana perjuangan irish dan teman2nya saat mengikuti kompetisi itu apakah menang atau kalah.
    Dan apakah klub mereka nantinya akan dibubarkan atau tetap bertahan
    Penulisannya dikemas dengan sangat rapi dan sangat membuat pembaca merasa penasaran yang membuat novel ini memang pantas untuk dibaca.

    ReplyDelete
  14. Nama : Mar'atul Firdaus
    Email : maratulfirdaus@gmail.com
    Akun Twitter : @Kaze_Idoz
    Akun Facebook : Idoz Amnos Arashi

    Alasanku ingin membaca novel ini adalah karena penasaran dengan cerita dan penyelesaian konflik dari tokoh Irish beserta teman-temannya untuk menyelamatkan klub musik yang mereka cintai agar tidak dibubarkan. Dari ulasan di atas, biarpun novel ini bikin berkaca-kaca, tapi berakhir bahagia. Dengan kata lain, karena musik mereka mendapat kesulitan dan karena musik ikatan mereka semakin kuat. Bagiku yang menyukai musik, musik tidak hanya menyembuhkan luka, tapi musik bisa merubah duniaku dan orang lain.

    Entah kenapa ketika membaca ulasan di atas membuatku berimajinasi kalau cerita dan tokoh-tokoh dalam novel ini berubah setting menjadi tokoh-tokoh dalam anime Jepang. *keseringan nonton anime Jepang mungkin :p

    ReplyDelete
  15. Elsita F. MokodompitMay 19, 2017 at 4:07 PM

    Elsita F. Mokodompit
    Twitter @sitasiska95
    Facebook Elsita Fransiska Mokodompit
    Email elsitafransiska(et)gmail.com
    Alasan:
    Konfliknya menarik. Selama ini, belum pernah saya dengar ada ekskul yang diberhentikan karena dianggap tdk memiliki bakat. Ekskul di sekolah2 Indonesia sepengetahuan saya adalah program yang memang sudah dicanangkan sekolah. Berbeda dengan klub sekolah Jepang yang bisa diusulkan oleh murid dengan persyaratan minimal 5 anggota. Kemudian, keberadaan sosok Alvaro juga bikin saya makin penasaran. Apalagi ternyata Ibu Dewi adalah tantenya. Seolah sang tante mengusahakan 'kesembuhan' Alvaro dengan membuatnya ikut terlibat dalam musik, hal yang mungkin menyakitinya. Menjauh dari poros masalah memang lebih baik, tapi kalau dengan menjauh pun kita masih tetap terluka, ada baiknya kan untuk menghadapinya saja. Maka dari itu saya penasaran banget. Kompetisi yang akan diikuti Irish dan teman2nya termasuk kompetisi bergengsi. Nah kontribusi Alvaro dalam klub ini saya sangat2 ingin tahu.

    ReplyDelete
  16. Nama: Didi Syaputra
    Email: syaputradiddy@gmail.com
    Twitter: @DiddySyaputra
    Facebook: Didi Syaputra

    Sederhana sebenarnya, alasan utama ingin membaca Irish karena novel bertema musik ini karya Mas Kamal Agusta. Jujur saja, sudah lama penasaran dengan tulisan Mas Kamal. Mengingat penulis satu ini salah satu penulis yang memang cukup akrab tulisan-tulisan singkatnya menghiasi timeline facebook, gak dipungkiri juga Mas Kamal merupakan salah satu penulis yang kali pertama membuatku termotivasi mengoleksi buku.

    Selain itu karena memang sangat suka novel-novel yang sebagian besar porsi kisahnya menjadikan ekskrakurikuler sebagai topik utama bahasan. Yah karena sebagai salah satu guru yang ditunjuk sekolah untuk mewadahi bakat-bakat siswa, tentunya sangat-sangat dituntut keluasan wawasannya mengenai ekskul. Dan lagi untungnya Irish mengapresiasi hal itu, terutama musik. Gak asing memang ekskul satu ini, bahkan lebih kurang dua tahun yang lalu ekskul ini pernah menjadi pemuncak ekskul di sekolah yang kuajar. Pernah meraih penghargaan the best vocal se-kabupaten Indragiri Hilir bahkan, dan itu di luar kompetisi sekolah lho. Hanya saja sayangnya sekarang karena berbagai hal ekskul ini mandek tanpa kejelasan. Bahkan studionya pun sekarang kosong melompong. Karena itulah melalui Irish seenggaknya sedikit bisa mengenang ekskul satu ini. Mungkin saja bisa sedikit memotivasi untuk kembali menggaungkan ekskul yang sempat mandek ini. Tapi yang utamanya karena memang sudah kelewat penasaran dengan kisah Irish dan Alvaro, banyak clue-clue yang cukup bikin baper, terutama setelah muncul Alvaro (Sang Ketos). Apalagi sudah lama gak baca Young Adult, sedikit banyak ingin berleha-leha dengan lini ini, walaupun sudah gak muda lagi ;D. I hoped.

    ReplyDelete
  17. Nurwidati PuspitaMay 19, 2017 at 6:28 PM

    Nama: Nurwidati Puspita
    Email: widati800@gmail.com
    Akun facebook: Nurwidati Puspita
    Alasan saya mau membaca buku ini: pertama, karena saya lagi nggak ada buku untuk dibaca, sebelum nanti banyak bacaan saat naik kelas 12, insyaallah.
    Kedua, suka sama blurb nya. Jadi ingat sama drama korea orange marmalade, meskipun beda jauh, tapi ada kemiripan dalam hal, ingin menyelamatkan klub musik sekolah, yang bermasalah sama kenangan musik juga cowo nya, klo BuBy Dewi sebagai pembimbing ekskul adalah tante cowo nya, klo di Orange Marmalade, pembimbing ekskul adalah namanya sendiri.
    Ketiga, baca blurb nya teringat sama anime love live school idol project, hehhe. Sangat jauh juga sih, bedanya, jauh banget.
    Keempat, alasan aku pengen baca buku irish mungkin penasaran dgn ending nya, yg katanya bahagia, bahagia seperti apa, kawin kah, pacaran kah, temenan, atau apa?Hehhe, kebiasaan, sifat penasaran, atau sikap suka nanya?

    ReplyDelete
  18. Nama: Aulia
    Email: auliyati.online@gmail.com
    Akun Twitter: @nunaalia
    Akun Facebook: NunaaLia

    Alasan mau membaca buku ini?

    Temanya menarik niy, tentang ekskul musik di sekolah yang setahuku jarang diangkat dalam cerita. Konflik /permasalahannya juga penuh tantangan. Ditambah lagi ini kisah remaja yang ceritanya sepertinya tidak terlalu berat, tapi tetap memiliki hal untuk diambil hikmah dan pelajarannya. Aku memang lagi (kembali) suka cerita remaja seperti ini yang bacanya bisa lebih santai dan berasa muda kembali.

    Itu deh alasan mau baca buku ini.
    Semoga aja bisa punya kesempatan dengan mendapatkan buku ini. ;)

    ReplyDelete
  19. Nama: Oci
    Email: ravarasre@gmail.com
    Akun Twitter: @Arthms12
    Akun Facebook: Rosi Eksa
    Alasan kamu mau membaca buku ini: karena ini teenlit, selalu suka sama genre teenlit soalnya ringan dan menghibur khas remaja gitu kan suka bikin baper wkwk. Sebelumnya belum pernah denger penulis Kamal Agusta, dan lagi, novel teenlit yg ditulis penulis cowok bikin penasaran banget. Selama ini baca punya penulis cewek semua, jadi pengin tau perbedaannya. Pertama kali baca konfliknya, aku langsung suka😂 gimana ya cara Irish luluhin hati si cool nyebelin Alvaro demi menyelamatkan klub musik? Tema yg diangkat tentang musik juga termasuk kesukaanku, aku malah lebih nggak tahan nggak ada musik daripada nggak ada buku😂 musik no.1 buku no.2
    Musik+buku jadi 1? Sempurna :v
    Ngomongin soal ekskul, aku ini juga sempet jadi anggota padus sekolahku, 11 12 lah ya, sama sama ada musiknya😂 yah pokoknya alasannya buku ini memenuhi seleraku banget deh, nanti aku foto cantik di IG terus bikin review di blog kok🙌
    Ah ya, aku juga lagi ada proyek nulis, dan tokohku ceritanya seorang pianis, lumayan bisa nambah ilmu dari novel ini :))

    ReplyDelete
  20. Nama : Sabilah
    Email : sabilahsalsa12@gmail.com
    Akun Twiter : @sabilahsalsa12
    Akun Facebook : Salsa Billa


    Alasan saya kenapa mau baca buku ini : dari yang aku baca di atas tentang sinopsinya aja aku udah suka , setara aku masih remaja dan baru suka buku akhir akhir ini jadi cari bacaan yang ringan , aku suka sama buku ini karna ceritanya menarik dari waktu irish ketemu dengan alvaro sampai pas bu dewi ternyata tante alvaro mungkin ini juga bisa di bilang misteri atau kejutan yang terungkap , apalagi tentang masa lalunya alvaro yang aku gak tau , kerasanya waktu baca sinopsis di atas aku gereget pengen liat masa lalunya alvaro kayak gimana ? , pengen bisa menang napetin buku ini dan mau cepet cepet baca , dan bukan cuma itu aku juga lagi pengen buat cerita yang menarik siapa tau aja pas aku baca buku ini bisa nginspirasi aku buat bikin cerita yang menarik , semoga . :)

    ReplyDelete
  21. Nama: Rizki Fitriani
    email: kikiryeo@gmail.com
    twitter: @Kikii_Rye
    fb: Kiki Ryeo

    alasanku, pertama, karena musik. yeah, music is my life. aku selalu tetarik sama hal hal yang menyangkut musik. kedua, hei! ini cerita remaja yang mana selalu membuat aku gak pernah lelah membacanya, selain menghibur juga utk bernostalgia. aku penasaran sama kisah Alvaro yang menyimpan luka, membuatnya menjauhi musik. dan yang terakhir adalah bagaimana eksekusi cerita ini berjalan... aku nggak pernah bosan baca cerita ttg kisah remaja, membuatku semangat utk mereview..
    dan semoga saja Irish bisa menjadi buku pertama daei Penerbit Diva Press yg aku punya :D

    ReplyDelete